Posted by: thetopsecret | 11 July 2009

DAGELAN BASIYO

DAGELAN BASIYO

.

Nggak jemu-jemu ndengerin dagelan Basiyo..

dari intonasi cara ngomong aja dah ngak karuan.. bikin ketawa…

dulu punya banyak sekali koleksi kaset pitanya.. tapi sekarang nyesel.. dulu kasetnya tak buat untuk ekor layang layang.

iseng aku cari MP3 nya… ternyata masih ada walaupun nggak sekomplit di kaset. lumayan untuk obat stres.

link downloadnya ada….Mau..!!!!!

basiyo

basiyo

Naaah…. ini artikel tentang basiyo :

————————————————————————————————————————-

Basiyo adalah pelawak dari Yogyakarta. Dalam penjelasan Sunardian Wirodono,
pelawak Basiyo mampu melintasi batas ruang dan waktu.
Meski mungkin bagi sebagian besar Indonesia tidak mengetahui siapa itu Basiyo,
namun mereka yang berlatar Jawa (Mataram) relatif mengenalnya.
Tidak peduli orangtua, orang muda, orang kota, orang desa,orang berpendidikan dan tidak.
.
Basiyo dipercaya meninggal dalam usia 70-an yakni pada tahun 1984.
Jadi, kira-kira, beliau kelahiran 1910-an.

Basiyo terkenal dengan lawakan yang banyak orang mengistilahkan dengan “Dagelan Mataram”.
Dagelan Mataram (Yogyakarta) adalah jenis lawakan yang kemudian dipakai oleh Ibu Sri Mulat,
untuk pergelaran kelilingnya (1940-an) yang kemudian dijadikan maskot pertunjukannya yang
kemudian dikenal bernama Srimulat (Surabaya).
.
Karena itu, pemain Srimulat pada awal-awalnya adalah pelawak dari Yogyakarta.
Dialog dalam lawakan Dagelan Mataram menggunakan Bahasa Jawa
sebagaimana yang kemudian juga dipakai oleh Basiyo.
.
Sebagian “sparing partner” dalam lawakannya di antaranya:
Darsono,
Hardjo Gepeng,
Suparmi,
dan Sugiyem,
istrinya sendiri serta teman – temannya yang lain.
.
Kebanyakan, mereka adalah karyawan RRI Nusantara II Yogyakarta,
sebagaimana kebanyakan dari mereka ditampung oleh Pemerintah waktu itu.
.
Di antara karya – karya Basiyo misalnya:
Basiyo mBecak, Degan Wasiat, Kapusan, Kibir Kejungkir, Maling Kontrang-kantring,
Gathutkaca Gandrung, Besanan, dan masih beberapa lagi lainnya,
semuanya mencapai lebih dari 100-an judul.
.
Ia bukan hanya pelawak,
melainkan juga berhasil mempopulerkan jenis gending “Pangkur Jenggleng”,
yakni, cara menyanyi (nembang) Jawa yang bisa diselingi dengan lawakan,
tanpa kehilangan irama (tone) dari tembang yang sedang dibawakan.
Cara memukul gamelan pun, tidak lazim, karena lebih mengandalkan kendhang sebagai “dirigen”
untuk akhirnya pada ketukan (birama) terakhir dipakai sebagai waktu untuk
memukul semua alat musik perkusi (terutama saron) sekeras-kerasnya.
Meski menggunakan bahasa Jawa dan “produk lama”, nama Basiyo muncul kembali.
.
Banyak anak muda (umumnya pekerja kreatif dari Yogyakarta yang bekerja di Jakarta),
adalan penggemar Basiyo.
Mereka bahkan mengubah audio kaset ke MP3 dan menyebarluaskannya lewat internet.
Menurut anak-anak muda itu (tentu saja yang paham bahasa Jawa),
lawakan Basiyo jauh lebih bermutu,lebih cerdas,
dibandingkan lawakan pelawak-pelawak yang sering muncul di layar kaca televisi sekarang ini.
Dalam masa jayanya, Basiyo acap berkolaborasi dengan nama-nama seniman kondang pada dunia dan masanya,
seperti Bagong Kussudiardjo, Ki Narto Sabdo, Nyi Tjondrolukito. Beberapa pengagumnya,
eperti budayawan Umar Kayam, pelukis Affandi, sastrawan Arswendo Atmowiloto,
memuja Basiyo sebagai pelawak yang cerdas,
memiliki daya spontanitas dan nalar yang jernih.
Hasil karya Basiyo pada umumnya diterbitkan oleh perusahaan rekaman Fajar Borobudur Record
ada juga Irma (atau Ira?) kesemuanya di Semarang,
meski ada juga yang direkam oleh Lokananta (Sala).
Informasi mengenai perusahaan rekaman ini masih belum didapatkan.

Sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Basiyo

————————————————————————————————————————-

DAGELAN BASIYO


Side A
Side B

basiyo

Download


Side A
Side B

basiyo

Download


Side A
Side B

basiyo

Download


Side A
Side B

basiyo

Download



basiyo

Download



basiyo

Download



basiyo

Download



basiyo

Download


Side A
Side B

basiyo

Download



basiyo

Download



basiyo

Download



basiyo

Download



basiyo

Download



basiyo

Download


Side A
Side B

basiyo

Download

.================================================================
.
.
Sumber :http://pr4bu.co.cc

About these ads

Responses

  1. Kangen karo becak’e Basiyo…

  2. Tolong dikirim ke link sy ya pak ,mmatur nuwuun.

  3. Yang file nya kecil ada ga kalo

  4. ijin share di FB nggih Pak :)

  5. Emang kalo di daerah Solo n Jogja Basiyo terkenal, di radio lokal Solo n Jogja jg msh sering diputer. Perusahaan Rekaman Lokananta masih berdiri sampai sekarang, kebetulan dekat rumah ku tuh…

  6. trim ya atas link nya. basiyo is the best ………..

  7. Ok mia

  8. Beliau adalah inspirasiku,sewaktu aku kecil di desa,sehingga skrg aku menggeluti duniaBanyolo membanyol sampe skrg Makasih Pak Bas…!

  9. menawi koleksinipun kirang lengkap. Download mawon ing : http://bambsolution.tk
    lampahan:
    1. BASIYO – BAJUL BUNTUNG
    2. BASIYO – BAKUL GUDEG
    3. BASIYO – DADUNG KEPUNTIR
    4. BASIYO – DEGAN WASIAT
    5. BASIYO – GADON GUYON
    6. BASIYO – GANDRUNG KEPENTHUNG
    7. BASIYO – GANDRUNG
    8. BASIYO – GATUTKACA GANDRUNG
    9. BASIYO – IMPEN DARA DASIH
    10. BASIYO – JAKA BODHO
    11. BASIYO – KAPUSAN
    12. BASIYO – KIBIR KEJUNGKIR
    13. BASIYO – KODOK MUNGGAH KEBO
    14. BASIYO – KRONCONGAN
    15. BASIYO – MBARANG WIRANG
    16. BASIYO – MBECAK
    17. BASIYO – MBLANTIK
    18. BASIYO – MENANG LOTRE
    19. BASIYO – MIDANG
    20. BASIYO – NGEDAN
    21. BASIYO – NGLIRWAKNE DAWUH
    22. BASIYO – NYAKOT KEBRAKOT
    23. BASIYO – PAK DENGKEK
    24. BASIYO – PALARAN JENGGLENG
    25. BASIYO – pANGKUR JENGGLENG
    26. BASIYO – POPOK WEWE
    27. BASIYO – SAM PEK IN TAY
    28. BASIYO – SEMAR MESEM
    29. BASIYO – SEPATU SANDAL
    30. BASIYO – SI KOJEK DILARIKAN BABU
    31. BASIYO – TOPO BISU
    32. BASIYO – TUWO TUWAS
    33. BASIYO – UYON-UYON GUYON
    34. BASIYO – WAJIK KLETHIK
    35. BASIYO – JATUH CINTA
    36. BASIYO – KE JAKARTA
    37. BASIYO – AJA DUMEH
    38. BASIYO – PARI BENGKONG
    sugeng midangetaken

  10. saya membutuhkan rekaman basiyo pangkur jengleng dalam bentuk CD mohon bantuan saya bersedia m,engganti biaya mengingat dalam bentuk kaset saya telah berganti sebanyak 3 kali mulai pertama membeli tahun 1975 terimakasih

  11. Saya mendengarkan Basiyo itu kelas 2 SD tahun 1985 gitu itu kalo ngga salah yang basiyo mbecak dech terus sekarang saya sangat rindu banget dengan dagelan2x jawa sampai2x saya cari kasetnya pangkur jenglengnya basiyo ngga ada bisa dapat informasi ngga tentang CD2X Pangkur jengleng Basiyo Thx Yudhi

  12. bagus banget…. ada videonya ngga’ ya

  13. Terima kasih atas informasinya. Saya juga sering dengarkan Dagelannya Basiyo lewat ki-demang.com memang jarang pelawak yang sejernih dia. Semoga dagelannya sebagai obat sepaneng buat kita.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: